Kejari Bergerak, Pelapor Segera Dipanggil Terkait Laporan Dugaan Pungli Dana PAUD

651
ilustrasi

PRINGSEWU – ‎Kejaksaan Negeri Kabupaten Pringsewu segera menindaklanjuti laporan dugaan adanya pemotongan dana PAUD oleh oknum pengelola PAUD Kabupaten Pringsewu. Langkah terdekat, Kejari segera memanggil Ananto Pratikno sebagai pelapor.

“Minggu ini kita mau panggil Ananto. Karena, dia (Ananto’red) sebagai pelapor,” kata Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Pringsewu, Rolando Ritonga SH‎ ‎saat dikonfirmasi melalui WhatsAppnya, Minggu (25/2) kemarin.

Menurut Rolando, bahwa pemanggilan Ananto akan diwawancara sebagai pelapor‎ terkait dugaan adanya pemotongan dana PAUD oleh Oknum pengelola PAUD Kabupaten Pringsewu.
“Kemarin yang bersangkutan cuma kasih data. Setelah kita olah dan sekarang kita mau cek atau periksa,” ucapnya.

Terpisah, Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) kabupaten Pringsewu, Umi Laila membantah terkait dugaan laporan adanya pemotongan dana paud  oleh Oknum pengelola Paud Kabupaten Pringsewu anggaran tahun 2016.

“Selama ini tidak ada seperti itu kita sudah sangat berhati-hati. Lagian yang melaporkan itu kapasitas dia (Ananto’red) sebagai apa merasa dirugikan nggak-kan. Dan sampai sejauh mana mengetahui tentang PAUD,” ungkapnya saat dikonfirmasi Radar Tanggamus melalui telpon selulernya, Rabu (21/2) kemarin.

‎Menurut Umi Laila, bahwa bantuan insenif guru paud setiap tahun berasal dari APBD Kabupaten Pringsewu masing-masing guru menerima per bulan Rp150 ribu. Sedangkan  bantuan operasional penyelenggaran (BOP) Paud langsung berasal dari APBN.
“‘Penyaluran bantuan itu juga penyaluran melalui proses dari Dinas Pendidikan itu langsung ke rekening masing-masing guru PAUD dan TK. Selama ini tidak ada potongan sebagaiannya. Karena, organisasi kita difasilitasi dibantu oleh pemerintah untuk menjalankan operasional,” tandasnya.

‎‎Untuk diketahui seperti diberitakan sebelumnya, mantan kabag umum Pemkab Pringsewu Ananto Pratikno datangi kantor Kejaksaan Negeri Pringsewu guna melaporkan dugaan adanya pemotongan dana PAUD oleh oknum pengelola PAUD Kabupaten Pringsewu.

Mantan Kabag Umum Ananto Pratikno mengatakan ada dugaan pemotongan dana paud mengatasnamakan bunda paud.
“Perintah Bupati untuk dilaporkan segala bentuk pungli di Kabupaten Pringsewu. Pelaporan ini juga untuk merehabilitasi nama bunda PAUD Karena tidak mungkin seorang istri bupati  motong dana paud,” ucapnya kepada Radar Tanggamus, Selasa (20/2). (mul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here