Bangun Jalan dan Jembatan Gunakan Dana Desa

175
ilustrasi

SEMAKA – Guna mempermudah akses serta meningkatkan perekonomian warga, Pemerintah Pekon Waykerap, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus, merealisasikan tiga item pembangunan infrastruktur fisik, dengan menggunakan dana desa tahun 2017.

“Dana desa Tahun 2017 kita manfaatkan untuk merealisasikan tiga item pembangunan infrastruktur fisik, yakni jalan rabat beton, jembatan dan talud penahan tanah (TPT),” kata? Kepala Pekon Waykerap, Hapizi.

Menurutnya, tiga item pembangunan tersebut dipilih berdasarkan hasil musyawarah. Dimana, masyarakat memilih pembangunan dua item tersebut lantaran sangat mendesak dan dibutuhkan.

“Dipilihnya pembangunan jalan rabat beton dan jembatan bertujuan untuk memudahkan akses masyarakat, baik untuk keluar masuk dusun maupun mengeluarkan hasil bumi. Sedangkan, dipilihnya pembangunan talud ini bertujuan untuk menahan badan jalan agar tidak longsor, ” ujar Hapizi.

Untuk pelaksanaan pembangunan tiga item infrastruktur tersebut, lanjut dia, tersebar di seluruh dusun yang ada dipekon setempat. Dengan rincian, untuk pembangunan jalan rabat beton dilaksanakan di empat dusun, sebanyak 12 titik, dengan total panjang sekitar 1.409 meter. Kemudian, untuk pembangunan talud penahan tanah dilaksanakan di Dusun I, dengan total panjang sekitar 250 meter.

Sementara itu, lanjut dia, untuk pembangunan jembatan beton dilaksanakan di dua dusun, yakni Dusun II dan Dusun IV. Dimana, untuk pembangunan jembatan di dusun II akan dilaksanakan sepanjang 12 meter dengan lebar 2 meter. Dan pembangunan jembatan di Dusun IV dilaksanakan sepanjang 7 meter dengan lebar 2 meter

“Pembangunannya kita lakukan secara merata. Itu dilakukan agar warga disetiap dusun bisa merasakan manfaat dari pembangunan dana desa ini, ” terangnya.(uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here