Pansus LKPj Rekomendasikan Pembentukan Pansus Aset

544

KOTAAGUNG—Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Akhir Masa Jabatan (AMJ) Bupati Tanggamus periode 2013-2018 merekomendasikan agar DPRD membentuk pansus aset. Hal ini untuk mengetahui rill jumlah aset yang dikelola oleh Pemkab Tanggamus.

Wacana pembentukan Pansus Aset ini, terlontar saat rapat paripurna penyampaian laporan hasil pembahasan pansus LPKPj AMJ bupati Tanggamus periode 2013-2018 yang digelar Jumat kemarin (9/2).

”Dari hasil pembahasan dan kunjungan kelapangan dalam rangka memverifikasi aset pemerintah daerah Kabupaten Tanggamus, maka kami merekomendasikan untuk dibentuknya pansus aset Pemkab Tanggamus,” kata Ketua Pansus LKPj-AMJ, Yoyok Sulistyo saat membacakan laporan hasil pembahasan pansus LKPj-AMJ.

Dikatakan Politisi PDIP itu, jika permasalahan aset tidak bisa dianggap remeh.”Tidak bisa dibiarkan, berdasar penelusuran kami dilapangan banyak aset pemda yang kondisinya rusak, lalu belum lagi ada pengalihan aset dari pemkab ke provinsi begitu sebaliknya, ini pencatatannya juga harus jelas,” tegas Yoyok.

Yoyok dalam kesempatan tersebut juga mengatakan bahwa fasilitas kendaraan dinas bagi para pejabat disemua tingkatan beserta biaya perawatan hendaknya agar benar-benar dimanfaatkan sesuai peruntukannya.”Jika kendaraan diberikan beserta biayanya akan tetapi fisik kendaraan tidak terawatt, maka kami menyarankan kepada pemerintah daerah untuk melakukan penataan kembali, bila perlu dilakukan lelang untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi menyambut baik, rencana pembentukan pansus aset. Menurut dia, hal ini bagus sebab bisa menjadi motivator bagi OPD untuk membenahi aset.” Tidak ada masalah dengan dibentuknya pansus aset, justru kita mendukung, artinya kalau ada aset yang tidak terawat bisa ketahuan dengan demikian OPD dapat melakukan pembenahan,” ujar Samsul yang didampingi Sekkab Tanggamus Hi.Andi Wijaya.

Ditambahkan bupati, bahwa dari jauh-jauh hari, dirinya sudah mengintruksikan kepada OPD untuk memebenahi aset.”Saya juga sudah intruksikan agar seluruh OPD melakukan pendataan dan membuat sertifikat bagi aset yang dipegang, lalu kita juga akan pasang plang. Ini demi perbaikan kearah lebih baik maka harus didukung,” pungkas Samsul.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here