Petakan Kerawanan Pilkada, Mabes Polri Perhatikan 4 Aspek

560
ilustrasi

KOTAAGUNG – Pusat penelitian dan pengembangan (Puslitbang) Mabes Polri melakukan penelitian dan pengembangan kajian tentang pengamanan Pilkada serentak tahun 2018, Rabu (31/1). Kegiatan ini dipusatkan di Aula Aryaguna Mapolres Tanggamus.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Tim Puslitbang Mabes Polri yang dipimpin Kombes Asrul Aziz M. AP bersama Konsultan Drs. Mulyana dan didampingi Kepala Bagian Perencanaan (Kabag Ren) Polres Tanggamus Kompol Misbahudin mewakili Kapolres AKBP Alfis Suhaili.

Kombes Drs. Asrul Aziz M. AP mengungkapkan, Tim Puslitbang Polri datang ke seluruh provinsi yang melaksanakan Pilkada serentak 2018. Dimana dalam pilkada serentak tersebut, ada 171 daerah yang menggelar pilkada meliputi 17 provinsi 39 Kota dan 115 kabupaten. Provinsi Lampung sendiri akan menggelar pemilihan gubernur yang berbarengan dengan pemilihan bupati di Kabupaten Tanggamus dan Lampung Utara.

“Puslitbang Polri sendiri datang ke wilayah ini melakukan kajian itu terhadap empat aspek yang pertama tentang potensi kerawanan, tingkat partisipasi masyarakat kemudian aspek pengawasan dan kontestasi,” ungkap Kombes Asrul Aziz.

Keempat inilah yang nantinya digunakan sebagai masukan kepada pimpinan daerah untuk mengambil langkah-langkah kebijakan. Polri mengumpulkan semua informasi selain dari penyelenggara pemilu, baik dari Panwaslu, tokoh masyarakat, Kesbangpol termasuk dari perguruan tinggi.

“Tadi kita disini membuka diskusi dua agar masing-masing nanti mengetahui perannya dan saling mendukung, pelaksanaan Pilkada di Tanggamus ini bisa berjalan aman terkendali dan mendapatkan pimpinan yang amanah.” pungkasnya.

Kabag Ren Polres Tanggamus, Kompol Misbahudin mengatakan kegiatan penelitian dan lengembangan kajian tentang pengamanan Pilkada serentak tahun 2018 oleh Tim Puslitbang Mabes Polri dilaksanakan dalam rangka kajian analisis kerawanan pelaksanaan pilkada 2018.

“Kajian ini bertujuan untuk menganalisis, memperoleh data, fakta, informasi serta masukan dari publik terkait faktor-faktor pelaksanakaan pilkada yang akan diselenggarakan serentak pada tahun 2018 serta dapat memetakan kerawanan juga mendiskusikan tentang tingkat kerawanan menjelang pilkada yang nantinya akan dibawa dan diteliti di Puslitbang Mabes Polri untuk ciptakan situasi yang aman dan kondusif pada pilkada 2018,” kata Kompol Misbahudin.

Hadir dalam kegiatan, Tim Pendamping Polda Lampung Kompol Supingi, Kompol Nelson Manik S.H, Pasi Intel Kodim 0424 Kapten Inf. Rusdi, Kasat dan Kapolsek Jajaran Polres Tanggamus, Kejari Tanggamus, Kesbangpol, KPU, Panwaslu, tokoh agama, tokoh masyarakat Tanggamus dan Pringsewu.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here