Pemkab Upayakan Sertifikasi Beras Talang Padang

578
ilustrasi

KOTAAGUNG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus saat ini tengah mengupayakan pembuatan sertifikasi indikasi geografis atau sertifikasi produk pangan beras Talang Padang. Hal itu bertujuan agar produk beras lokal tersebut memiliki hak paten.

Asisten Bidang Ekobang Setkab Tanggamus, FB.Karjiyono menjelaskan sebenarnya nama Talang Padang untuk produk beras sudah dikenal meski tidak mutlak dari sana. Namun jika pedagang menyebut beras Talang Padang maka menandakan beras tersebut berkualitas bagus. Inilah yang akan dimanfaatkan sebagai nama resmi untuk hak paten. Seperti nama kopi robusta, maka ada salah satu nama paten kopi robusta Lampung.

“Konsep kami seperti itu dulu, sebab beras asal Talang Padang selama ini sudah punya nama dan rasa yang enak. Dan arahan kami jika sudah dapatkan hak paten maka beras tersebut dijual di aras harga premium, atau beras mahal seperti beras Cianjur,” ujarnya, kemarin.

Masih menurutnya, setelah pembuatan sertifikasi indikasi geografis atau sertifikasi produk pangan beras Talang Padang di peroleh, selanjutnya diserahkan ke pihak mana pun yang akan menjadikan bahan beras itu sebagai barang produksinya. Tentunya dengan syarat yang berlaku perusahaan itu harus berikan gambar logo beras Talang Padang. Seperti produk kopi Nestle maka ada logo tunjukkan cap kopi dari Lampung.

“Dengan begitu perusahaan yang gunakan produk beras Talang Padang harus memberikan royalti dari penjualan berasnya. Royalti itu yang jadi income bagi daerah,” jelas Karjiyono.

Sedangkan jika Pemkab Tanggamus sendiri yang produksi, ia mengaku belum membahas secara matang hal itu. Sebab saat ini BUMD milik Pemkab Tanggamus yakni PT AUTJ sedang akan melayani pembelian air dan solar non subsidi ke kapal-kapal tangker milik PT Pertamina.

“Ini belum kami bicarakan dengan pihak AUTJ, sebab mereka juga sedang repot. Jadi untuk beras Talang Padang kami beri kesempatan pihak swasta lainnya dulu yang kelola, tapi bisa juga nanti jadi sub unit dari PT AUTJ,”tandasnya. (iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here