Ruas Jalan Kabupaten Terancam Putus

311
TERANCAM PUTUS : lubang sudah membentuk seperti terowongan yang melintang ke badan jalan. Dikhawatirkan jika tidak segera diperbaiki jalan tersebut akan terputus. FOTO INZET : Drainase di Dusun VI Pekon Banjarnegeri, Kecamatan Gunungalip berlubang. Akibatnya, seluruh aliran air menuju ke lubang tersebut. (foto Arka)

GUNUNGALIP – Ruas jalan kabupaten di Pekon Banjarnegeri, Kecamatan Gunungalip, terancam putus. Pasalnya, tanah di bagian bawah jalan tersebut sudah terkikis dan membentuk sebuah terowongan yang melintang ke jalan.

“Jika dilewati kendaraan besar seperti truk, saya yakin jalan ini akan putus. Karena dibagian bawahnya sudah ada lubang berbentuk terowongan, ” kata kepala dusun setempat Yursandi.

Menurutnya, lubang berbentuk terowongan yang berada dibawah jalan penghubung antara Pekon Banjarnegeri, Ciherang dan Penanggungan itu lebarnya sekitar 3 meter.”Mobil aja masuk kalau lewat terowongan itu,” ujarnya.

Ia menjelaskan, terowongan dibawah jalan itu terbentuk akibat resapan air dari sebuah lubang di saluran drainase.”Saluran drainase dipinggir jalan itu memang berlubang. Dan seluruh pembuangan air yang ada di drainase mengarahnya ke lubang itu. Nah, lama kelamaan ternyata aliran air itu terus mengikis tanah dibawah jalan sehingga membentuk terowongan. Saat ini terowongan sudah menembus badan jalan, ” terangnya.

Ia berharap, pemerintah Kabupaten Tanggamus dapat segera memperbaikinya. Mengingat pembangunan jalan tersebut merupakan wewenang kabupaten. Dan jalan tersebut merupakan akses vital bagi masyarakat dibeberapa pekon.

“Ya, kami berharap agar pemerintah dapat segera memperbaikinya. Karena kalau terus dibiarkan, jalan ini pasti akan terputus, ” harapnya.

Sementara itu, Kepala Pekon Banjarnegeri, Muslimin mengaku, sudah menyampaikan hal tersebut ke Pemkab Tanggamus. Bahkan, Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi sudah merespon dan meninjau langsung lokasi tersebut.

“Pak Samsul waktu itu sudah melihat langsung kondisi tanah yang terkikis dan membentuk sebuah terowongan dibawah jalan ini. Beliau juga menyarankan agar pekon mengajukan proposal. Dan kami sudah mengajukannya. Mudah-mudahan jalan itu segera di perbaiki. Karena kalau terus dibiarkan pasti jalan ini akan putus,” pungkasnya.(ark)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here