KPU Sosialisasikan Pilkada Bagi Warga Binaan

206
Sosialisasi Pilkada: Ketua KPU Tanggamus, Otto Yuri Saputra saat memberikan sosialisasi Pilkada bagi Warga Binaan di Lapas kelas II b Kotaagung, Selasa (23/1). Sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan informasi tentang tahapan pilkada tahapan, jadwal pelaksanaan, calon kepala daerah baik itu serta syarat untuk memilih. Foto Hanibal Batman

KOTAAGUNG – Menjalani masa hukuman di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) tidak menghalangi hak dari warga binaan untuk menyalurkan hak pilihnya dalam pemilihan gubernur (pilgub) maupun pemilihan bupati (pilbup) yang dihelat 27 Juni mendatang. Karena bisa memberikan suara, maka warga binaan yang ada di Lapas tak luput dari sasaran sosialisasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanggamus.

Seperti kemarin (23/1) misalnya, warga binaan di Lapas Kelas II b Kotaagung mendapatkan informasi seputar pilgub dan pilbup dari KPU Tanggamus.

Menurut Ketua KPU Tanggamus, Otto Yuri Saputra dalam sosialisasi tersebut yang disampaikan meliputi tahapan, jadwal dan pelaksanaan pilkada serta syarat pemilih. Kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari tahapan sosialisasi sebelumnya yakni pemilih pemula, pelajar, perempuan dan tokoh adat.

“Semua berkaitan dengan tahapan pemilu jadwal pelaksanaan, calon kepala daerah baik itu calon gubernur dan wakil gubernur serta calon bupati dan wakil Bupati hingga syarat untuk memilih kita sampaikan kepada mereka, yang tujuannya agar mereka mengetahui bahwa pada 27 Juni mendatang ada pilkada,”kata Otto Yuri Saputra.

Kemudian terkait adanya warga binaan yang belum memiliki kartu tanda penduduk elektronik (KTP-EL), Otto mengaku akan mengkoordinasikan dengan Kepala Lapas setempat hal ini agar warga binaan mempunyai kesempatan untuk memilih, dan nantinya pada saat pilkada dilaksanakan maka di lapas akan disiapkan tempat pemungutan suara (TPS) yang difasilitasi oleh KPU.

“Untuk sosialisasi kepada kelompok masyarakat, ini yang terakhir, nantinya ada sosialisasi dalam bentuk lainnya, seperti jalan sehat dan deklarasi damai. Harapannya dengan sosialisasi ini kesadaran untuk memilih meningkat, dan segala persoalan yang menghambat akan kita coba akomodir, karena semuanya mempunyai hak yang sama tanpa ada perbedaan,”ujarnya.

Sementara itu, Kasubbag TU Lapas Kotaagung, Syamsudin menyambut baik sosialisasi tersebut, melalui kegiatan ini ia berharap dapat membantu warga binaan yang belum memahami tentang pemilu, terlebih pilkada serentak yang digelar tahun ini ada dua agenda yakni pilgub dan pilbup.

“Warga binaan di Lapas Kelas II b Kotaagung ini, tidak semuanya merupakan warga Tanggamus ada juga dari luar Tanggamus, nah, dengan sosialisasi ini mereka paham bahwa pada Juni mendatang akan dilaksanakan Pilkada,”ujarnya.

Ia menambahkan, jumlah warga binaan yang ikut dalam sosialisasi pilkada tersebut berjumlah sekitar 60 warga binaan, yang merupakan perwakilan dari tiap kamar, yang diharapkan informasi tentang tahapan pilkada tersebut dapat disampaikan kepada warga binaan lainnya.

“Terkait dengan sosialisasi lainnya kita akan menyambut baik, seperti pengenalan foto calon kepala daerah bagi warga binaan, untuk hak warga binaan memilih siapa pada saat pilkada nanti itu tergantung mereka,”tandas Syamsudin.(iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here