De-Sa No 1, Sam-Ni No 2

1261

GISTING—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanggamus melaksanakan pengundian nomor urut pasangan calon (paslon) peserta Pilkada Kabupaten Tanggamus tahun 2018, di Aula Hotel 21 Gisting, Selasa (13/2).

Dalam pengundian no urut tersebut dihadiri langsung dua paslon yakni Hi. Samsul Hadi-Hi-Hi.Nuzul Irsan dan Hj. Dewi Handajani-Hi. A. M Syafii.

Kedatangan kedua paslon di Hotel 21 diiringi oleh massa pendukung masing-masing, hadir juga pimpinan parpol pengusung dan pendukung untuk memberikan support kepada jagoannya.

Kegiatan pengundian nomor urut paslon tersebut diawali dengan pembacaan tata tertib dari KPU Tanggamus, lalu selanjutnya acara dibuka oleh Ketua KPU Tanggamus Otto Yuri Saputra. Saat memimpin rapat pleno terbuka pengundian nomor urut paslon, Otto didampingi empat komisioner lain yakni Angga Lazuardi, Antoniyus, Zulwani dan Hayesta F. Imanda. Hadir juga dalam kegiatan tersebut Ketua Panwaslu Tanggamus Dedi Fernando berserta jajaran, Forkopimda dan Kepala Kantor Kesbangpol Tanggamus Apjani.

Otto Yuri Saputra dalam sambutannya mengatakan bahwa pengundian nomor urut merupakan tahapan akhir dari proses pencalonan kepala daerah, setelah pengundian nomor urut maka tahapan selanjutnya adalah kampanye calon.

“Kami dari KPU ingin mengimbau kepada pasangan calon untuk kedepankan politik santun, jadikan pilkada ini sebagai wisata politik bagi masyarakat  sehingga bisa menggerakkan roda perekonomian masyarakat Tanggamus,” kata Otto saat membuka rapat pleno pengundian nomor urut calon.

Kemudian, untuk tahapan pengundian nomor urut dipandu oleh Divisi Teknis KPU Tanggamus Angga Lazuardi. Dimana berdasarkan hasil pengundian paslon Dewi Handajani-AM Syafii mendapat nomor  urut 1 dan Samsul Hadi-Nuzul Irsan memperoleh nomor urut 2.

Sebelum memilih bola yang berisi nomor urut, mulanya diundi urutan pengambilan untuk mengambil nomor pasangan. Syafii mendapatkan urutan pertama, lantas Nuzul dapat urutan kedua.

Kemudian barulah pengambilan nomor pasangan berdasarkan urutan tersebut. Urutan pertama diambil Dewi yang memperoleh nomor 1, lantas Samsul mendapatkan nomor 2. Setelah mengetahui nomor urut, menggema ucapan takbir dari para pendukung diikuti yel-yel.  Tak ketinggalan calonwabup Nuzul Irsan langsung berteriak alhamdulillah saat mengetahui nomor urut 2.Dengan demikian dinyatakan secara resmi bahwa pasangan Dewi Handajani-AM Syafii nomor 1, dan pasangan Samsul Hadi-Nuzul Irsan nomor 2.

“Penetapan nomor urut ini berdasarkan surat keputusan (SK) KPU Tanggamus No 133/Hk.03.1-Kpt/1806/KPU-Kab/II/2018 tentang Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus 2018,” kata Otto.

Proses pengundian nomor urut yang berjalan lancar dan kondusif itu disyukuri oleh jajaran KPU Tanggamus. Menurut Angga Lazuardi, proses pengundian nomor urut berlangsung dengan suasana  kekeluargaan.

“Alhamdulillah, berjalan lancar, tertib dan prosesnya dengan kekeluargaan. Tahapan selanjutnya yakni tanggal 15 Februari hingga 23 Juni memasuki masa kampanye. Harapan kami pilkada di Tanggamus berjalan lancar dan tertib, tidak ada gejolak masyarakat dan mejadi wisata politik dan edukasi politik bagi masyarakat, “ujar Angga.

Sementara itu, Dewi Handajani yang mendapat nomor urut satu berharap yang terbaik. Dia juga tidak mempermasalahan mengenai nomor urut yang didapat.

” Insya Allah terbaik, kan angka yang pertama itu no satu. Mudah-mudahan ini menjadi yang terbaik bagi kami dan juga masyarakat Kabupaten Tanggamus, “ujar Dewi.

Sedangkan paslon Samsul Hadi-Nuzul Irsan yang mendapat no urut 2 mengaku senang, sebab memang sesuai yang diharapkan.

” Nomor 2 ini no luar biasa, namanya sehati, tidak bisa sedirian, harus bergabung, jadi angka 2 memang sehati. No ini memang yang diharapkan dan diimpikan, sebab kalau sendiri nggak sehati dan angka dua artinya berjodoh,” ujar Samsul yang didampingi Nuzul kepada wartawan. (ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here