TPI Kotaagung Kumuh Dan Jorok

6
ilustrasi

KOTAAGUNG-Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang terletak di Kelurahan Pasar Madang, Kecamatan Kotaagung, Tanggamus kondisinya terlihat kumuh dan semrawut. Kondisi tersebut diperparah dengan aroma tidak sedap dari ikan yang sudah membusuk dan saluran drainase tidak berfungsi.

Lantaran drainase tidak berfungsi secara optimal menyebabkan air cucian ikan menggenang. Lantai batako yang awalnya putih berubah warna merah. Sebab, darah ikan hanya dibiarkan begitu saja. Kondisi ini menandakan jika kurang pedulinya terhadap kebersihan.

“Jangan heran kalau di pelelalangan bau busuk. Kami hanya buang kotoran ikan di laut. Masalahnya tidak ada lokasi yang disediakan untuk menampung kotoran ikan,” ujar Lihin seorang pedagang setempat, kemarin.

Ia menjelakan, itu hanya bangkai ikan tapi kalau masalah air siraman ikan tetap mengalir dijalan, sehingga tidak heran air menggenai jalan. Begitu juga saluran drainase yang tidak berjalan maksimal karena tertutup oleh sampah plastik dan sisikan sirip ikan.

“Ya mau gimana. Masa iya air siraman ikan ini kami tampung pakai bak sudah tidak mungkin. Yang perlu dibenahi itu saluran drainasenya. Sebab saluran yang ada tidak optimal, sehingga air siraman ikan ditambah air hujan menggenangi jalan ini yang membuat becek dan kumuh,”terangnya.

Sementara itu, Lurah Pasar Madang, Isman Hadi mengaku, tidak mengatahui secara pasti berapa besaran retribusi yang ditarik oleh petugas kebersihan setiap lapaknya. Sebab, kalau tidak salah dahulu tidak sampai seribu per lapak.

“Kalau tidak salah mereka ditarik, tapi besaranya saya kurang tahu sebab yang mengelola masalah kebersihan adalah petugas Sokli,”terangnya. Ketika disinggung masalah jorok, pria murah senyum ini mengatakan, sudah hal biasa jika di TPI jorok dan semraut, terlebih para pedagang di daerah itu kurang perduli terhadap kebersihan meski setiap saat diingatkan.”Pedagang itu bandel. Sudah kita ingatkan tapi masih saja begitu. Ya mau gimana lagi namanya TPI pasti dikelilingi bau bangkai ikan. Kalau masalah teguran setiap saat kita lakukan,”tutupnya.(Zep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here