Tingkatkan Kompetensi Guru SD, Disdik Gelar Bimtek

9
Wabup Tanggamus Hi.Samsul Hadi, M.Pd.I saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru SD yang digelar Disdik Tanggamus.

KOTAAGUNG-Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tanggamus menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar (SD). Kegiatan yang berlangsung di Aula Gedung PGRI Kotaagug, Selasa (12/12) itu dibuka oleh Wakil Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi, M. Pd. I.

Turut Hadir mendampingi Wabup, Kepala Disdik Tanggamus Drs. Johansyah, M. M yang diwakili Kasi Ketenagaan Sunardi, M. Pd, Lima Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan yakni KUPT Kecamatan Kotaagung Agoeng Basori, S. Pd, M. M, KUPT Bandar Negeri Semuong (BNS) Chotib S. Pd. I, KUPT Kotaagung Barat Erawan, S. Pd, KUPT Limau Tukiman dan KUPT Kotaagung Timur Suparman, S. Pd.

Dalam sambutanya Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi, menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada seluruh guru atas peran aktifnya dalam mencerdaskan anak bangsa yang tidak kenal rasa lelah, membuka jalan pencerahan dan membangkitkan asa setiap insan yang dididiknya agar menjadi manusia berkarakter, berpengetahuan dan memberi faedah bagi bangsa dan negara.

“Guru merupakan komponen penting dalam keberhasilan penyelenggaraan pendidikan formal di sekolah. Oleh karena itu, diperlukan guru yang berkualitas dan profesional dalam mendidik ilmu pengetahuan untuk membangun karakter positif yang sesuai dengan kepribadian masing-masing,” kata Samsul dalam sambutanya.

Konsultan Pendidikan Evi Ghazaly saat menyampaikan materi dalam kegiatan Bimtek Guru SD yang digelar di Aula PGRI, Kotaagung.

Wabup melanjutkan, kurangnya pengawasan yang terjadi baik di lingkungan sekolah ataupun rumah membuat sulitya memajukan pendidikan, seperti bagaimana nilai tata tertib yang berlaku di sekolah, kesadaran diri sendiri dan guru pendamping, seperti contoh kebanyakan anak sekarang lebih suka bermain, membaca komik daripada mengingat kesadaran mereka sebagai pelajar untuk belajar.

“Untuk mengatasi masalah itu, kita perlu mengoreksi pengawasan yang dilakukan baik di sekolah maupun di rumah, dengan cara meningkatkan nilai kedisiplinan,” imbuh Samsul.

Guru, terus wabup, merupakan faktor utama untuk meningkatkan kualitas pendidikan sebagai pengajar dan orang yang akan dicontoh oleh siswa siswi.

“Saya mengimbau kepada semua pendidik, tenaga pendidikan, pelopor dan pecinta dunia pendidikan untuk menguasai Ilmu Pengetahuan dan teknologi (Iptek) dan Iman dan Taqwa (Imtaq) serta meningkatkan profesionalisme, kualitas pelayanan dan akses yang berkeadilan peserta didik guna memperoleh pendidikan lebih baik dan berkualitas,” kata Samsul.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Agoeng Basori mengatakan bahwa tujuan Bimtek Guru SD ini untuk meningkatkan kompetensi guru sehingga guru bisa menguasai delapan standar kompetensi pendidikan.

“Kegiatan ini diikuti sebanyak 242 guru SD non sertifikasi yang ada di lima kecamatan yakni BNS, Kotaagung Barat, Kotaagung, Kotaagung Timur dan Limau.Sebelumnya kegiatan serupa juga digelar di Kecamatan Semaka,” ungkap Agoeng.

Dalam Bimtek ini, panitia penyelenggara menghadirkan dua narasumber yakni Evi Ghazaly yang merupakan Konsultan Pendidikan dengan materi Pembelajaran yang menyenangkan lalu, Sokip, M. Pd selaku Pengawas di Disdik Tanggamus. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here