Optimis Serapan Rastra 100 Persen Awal Desember Sudah 97 persen

918
ilustrasi

KOTAAGUNG-Bagian Perekonomian Pemkab Tanggamus, mengaku serapan beras sejahtera (rastra) 2017 hingga awal Desember ini sudah mencapai 97 persen sehingga optimis dalam waktu dekat serapan bisa mencapai 100 persen.

Kabag Perekonomian, Suyanto menyatakan, jika sampai saat ini hanya pekon-pekon di Kecamatan Talang Padang saja, yang belum melakukan penebusan rastra, sedangkan pekon di kecamatan lain seperti Wonosobo, Semaka, Bandar Negerisemuong, Kotaagung dan lainnya telah selesai semua melakukan penebusan rastra.

“Sampai saat ini, capaian penebusan rastra telah capai 97 persen, sisanya akan tetap kita upayakan. tim juga sudah melakukan berbagai upaya dilapangan untuk mengejar ketertinggalan capaian tersebut,” ujarnya,kemarin.

Ia menambahkan, kendala yang dihadapi belum tercapainya serapan rastra hingga 100 persen kendati telah melampaui target yang ditetapkan yakni 30 November 2017 lalu yakni, keterbatasan dana penerima rastra untuk menebus, dalam hal ini pihaknya menurutnya  tidak bisa memaksa.

“Kalau ada warga sedang punya uang. Kemudian pekon masih menerapkan sistem kolektif penebusan, padahal Bulog siap distribusikan beras berapa pun dananya ditransfer. Sebab bagi Bulog yang penting sirkulasi beras,” terangnya.

Masih menurutnya tahun ini penerima rastra Tanggamus sejumlah 41.518 kepala keluarga, dengan kuota beras 622.770 kg, turun dari tahun lalu 46.046 KK dengan beras 690.690 kg. Kemudian dalam tahun ini tidak ada rastra ke-13, 14, dan 15. Maka hanya ada rastra reguler atau jatah bulanan sebanyak 12 kali.

“Kami justru senang jika hanya 12 bulan saja, sebab kalau lebih dari itu rawan terjadi penyelewengan, terkait penurunan sasaran dan kuota beras kita merasa lega sebab jumlah rastra jadi patokan jumlah warga miskin di suatu daerah. Untuk itu jika ada warga sudah mampu namun masih terima rastra segera usulkan penghapusan,”tandasnya.(iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here