Samsul Minta Pengawas Sekolah Maksimalkan Peran

82
Samsul Hadi

GISTING-Wakil Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi, M. Pd. I meminta kepada seluruh pengawas sekolah di Bumi Begawi Jejama untuk melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksinya yakni membina, membimbing, melatih, kemudian menilai guru dan kepala sekolah.

“Pengawas ini diatas kepala sekolah, jadi harus mengawasi keseluruhan yang ada di sekolah,” kata Samsul saat membuka Rapat Koordinasi (rakor) Pengawas sekaligus pelepasan Purna Bakti pengawas sekolah, Selasa (5/12) di Hotel VIP Gisting.

Samsul melanjutkan, selain dari tugas diatas pengawas harus memantau juga delapan standar nasional pendidikan, yaitu standar isi, standar proses, standar penilaian, standar kelulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, lalu standar sarana dan prasarana, standar pembiayaan serta standar pengelolaan.

“Dari delapan standar diatas pengawas berkewajiban memantau, membina, membimbing guru dan kepala sekolah, sehingga acuan pendidikan mencapai bahkan melampaui standar yang ditetapkan,” kata wabup.

Dikatakan Samsul, bahwa sekolah yang mendapat akreditasi A dapat dianggap mencapai delapan standar yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan.

“Sekolah yang ada di Tanggamus ini, baru mempunyai lima Sekolah Dasar (SD) yang berakreditasi A dari 406 SD dan tiga Sekolah Menengah Pertama (SMP) berakreditasi A dari 78 SMP yang ada, “ungkapnya.

Untuk indeks prestasi kabupaten tanggamus beberapa tahun ini menempati peringkat ke 14 di tingkat Provinsi Lampung, tetapi Alhamdulillah pada tahun 2017 meningkat menjadi peringkat ke 11.

“Ayo kita sama-sama memperbaiki mutu pendidikan dengan cara menyadarkan guru, supaya memberikan pendidikan dengan baik kepada siswa dan bisa bersaing dengan sekolah lain dengan prestasi yang gemilang,” ajak wabup.

Kemudian untuk keenam pengawas yang memasuki masa purna bakti diantaranya: Basyaruddin Basha, Taufik, Partijo, lalu Sumarjono, Fauziah dan Amrawi.”Saya ucapkan terimakasih sudah mengabdi lebih dari 30 tahun, “pungkas Samsul.

Acara diikuti oleh 65 pengawas dari Taman Kanak (TK) ada 7 orang, Sekolah Dasar (SD) 40 orang, Pendidikan Agama Islam (PAI) 5 orang dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) 14 orang.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here