Punya Potensi, Wabup Optimis Singosari Jadi Yang Terbaik

483
BERIKAN BANTUAN : Ketua TP PKK Lampung Ny.Yustin Ridho Ficardo didampingi Wakil Ketua TP PKK Tanggamus Hj.Af’illah Samsul memberikan bantuan stimulant kepada masyarakat Kecamatan Talangpadang dan sekitarnya disela-sela penilaian Lomba Kesrak-PKK-KB-Kes tahun 2017 di Pekon Singosari Kecamatan Talangpadang. ( Foto Rio Aldipo)

TALANGPADANG – Wakil Bupati (Wabup) Tanggamus Hi.Samsul Hadi,M.Pd.I optimistis Pekon Singosari Kecamatan Talangpadang bisa menjadi yang terbaik dalam lomba Kesatuan Gerak (Kesrak)-PKK-KB-Kesehatan tahun 2017 sehingga bisa menjadi duta Provinsi Lampung dalam ajang serupa ditingkat nasional.

Hal itu diungkapkan Samsul saat menyambut kedatangan Tim Penilai Lomba Kesrak-PKK-KB-Kes tahun 2017, di Lapangan Pekon Singosari Kecamatan Talangpadang, Selasa (28/11).

Target yang dipatok oleh wabup tersebut, bukanlah tanpa alasan, sebab Pekon Singosari memiliki potensi dan memenuhi kriteria, ditambah lagi, seringnya pekon di Tanggamus menjadi wakil Provinsi Lampung dalam beberapa perlombaan ditingkat nasional. Diantaranya yakni mendapatkan penghargaan Pakarti Madya tahun 2013 dalam perlombaan Kesrak-PKK-KB-Kes yang diwakili Pekon Margoyoso Kecamatan Sumberejo, lalu tahun 2014 Pekon Way Jaha Kecamatan Pugung meraih predikat II tingkat nasional dan ditahun 2016 Pekon Sidokaton Kecamatan Gisting meraih predikat II Nasional kategori Lingkungan Bersih Sehat (LBS).

“Harapan kami tentunya,  sangat beralasan sekiranya Pekon Singosari bisa dianggap layak oleh tim penilai untuk menjadi wakil Provinsi Lampung ditingkat nasional, ” kata Samsul

Ditambahkan Wakil Ketua TP PKK Tanggamus Hj. Afillah dalam eksposenya mengatakan, bahwa Pekon Singosari dipercaya menjadi duta dalam kegiatan lomba Kesrak-PKK-KB-Kes tahun 2017 ini karena memiliki sejumlah keunggulan diantaranya telah mengaplikasikan 10 indikator pola hidup bersih sehat (PHBS), pemanfaatan perkarangan untuk ditanami buah, sayur dan kolam ikan serta aktif dalam kegiatan gotong royong maupun posyandu.

“Dari 365 rumah, 141 KK telah menggunakan jamban sehat kemudian dalam mendukung program KB, masyarakat Pekon Singosari juga aktif yaitu 178 peserta KB aktif atau 73,85 persen dari jumlah pasangan usia subur (PUS) sebanyak 241. 67 akseptor baru, ini membuktikan masyarakat singosari sangat menyadari dan memahami pentingnya kesehatan lingkungan, “ujar Af’illah.

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Lampung ,Yustin Ridho Ficardo mengatakan, penilaian ini sebagai upaya memberikan penghargaan terhadap berbagai usaha yang telah dilaksanakan maka terhadap pelaksanaan Kesrak-PKK-KB-Kes tahun 2017 akan dilakukan penilaian terhadap empat jenis kegiatan yakni pelaksana terbaik kegiatan Kesrak-PKK-KB-Kes,  pelaksana terbaik posyandu, pelaksana terbaik PHBS dirumah tangga dan terbaik lingkungan bersih dan sehat.

“Untuk penilaian kegiatan PKK akan dilakukan terhadap lima jenis kegiatan PKK yakni tertib administrasi PKK,  pola asuh anak dan remaja, upaya peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) PKK, halaman asri, teratur indah dan nyaman (HATINYA) PKK dan pelaksanaan deteksi dini kanker serviks melalui inspeksi visual asam assetat (IVA) test, ” ujar Yustin.

Terpisah, Kepala Pekon Singosari, Sigit Fajrianto, mengaku bangga dengan terpilihnya Pekon Singosari sebagai wakil Tanggamus dalam Lomba Kesrak-PKK-KB-Kes tahun Tahun 2017. “ Ya, kami senang sekali bisa berpartisipasi dalam lomba untuk mewakili Tanggamus,” ujarnya.

Menurut Sigit, bahwa target utama yang ingin dicapai adalah berubahnya pola hidup masyarakat Pekon Singosari, dari kurang baik menjadi baik.” Harapan saya agar kesadaran masyarakat Pekon Singosari dalam menjaga kebersihan lingkungan tidak hanya pas saat lomba saja tetapi menjadi kebiasaan. Alhamdulillah sekarang masyarakat sudah semakin sadar hal ini dibuktikan degan kegiatan gotong royong untuk bersih-bersih lingkungan setiap Jumat pagi dan Minggu pagi,” ujarnya.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here