Jasad Zubaidi Akhirnya Ditemukan

412

PEMATANGSAWA – Pencarian jasad Zubaidi (43) yang tenggelam di perairan Teluk Semaka Kecamatan Pematangsawa, Tanggamus Sabtu (25/11) malam, akhirnya membuahkan hasil.Nelayan pencari Ubur-ubur asal Pekon Betung itu ditemukan dalam kondisi mengambang di permukaan air laut, Dusun Sinarmaju, Pekon Betung, Selasa (28/11) sekitar pukul 05.30 WIB.

Kapolsek Pematangsawa Ipda. Lukman mengatakan, jasad Zubaidi kali pertama terlihat oleh Roni (45). Pria asal Pekon Betung itu melihat ada sesuatu seperti tubuh manusia mengambang, dengan sekitar jarak 1 kilometer dari titik lokasi tenggelamnya korban. Sementara jika diukur dari bibir pantai, lokasi jasad Zubaidi berjarak sekitar 30 meter.

“Saat ditemukan oleh saksi Roni, korban dalam kondisi sudah tidak bernyawa. Saksi juga berinisiatif menambatkan jasad korban yang mengambang pada perahunya menggunakan tali. Tujuannya agar jasad tidak hilang terbawa gelombang laut. Setelah itu, saksi menghubungi rekan-rekannya,” kata Lukman, mendampingi Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili.

Kronologi penemuan jasad Zubaidi, kata kapolsek, berdasarkan keterangan Roni, Selasa pagi dia hendak melaut untuk mengangkat jaring. Setibanya di laut, saksi melihat tubuh seseorang mengambang dan dalam keadaan meninggal. Dari situlah Roni berinisiatif menambatkan tubuh korban menggunakan tali ke perahunya, agar tidak terbawa gelombang laut.

“Kemudian saksi memanggil dua rekannya, yaitu Basari dan Mustakim untuk mengevakuasi jasad korban. Saat ini jenazah korban telah dibawa pihak keluarga untuk dimakamkan,” jelas Lukman.

Sementara itu, Camat Pematangsawa, Wawan Harianto mengatakan bahwa jasad Zubaidi ditemukan dalam kondisi utuh hanya saja ada sedikit luka pada bagian pelipis kiri. “Ini murni kecelakaan, luka dipelipis kiri lantaran baling-baling mesin,”¬† kata Wawan.

Kemudian saat disinggung mengenai bantuan bagi keluarga korban, Wawan mengaku akan mengupayakannya terlebih dahulu kepada Wakil Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi, M. Pd. I. “Ya, akan kita upayakan agar keluarga yang ditinggalkan mendapat bantuan dari Pemkab Tanggamus, kasihan juga mas, dia tulang punggung keluarga yang meninggalkan satu istri dan tiga anak, dari tiga anak tersebut, dua masih sekolah,” ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Badan Nasional Pencarian dan Penyelamatan Lampung Pos SAR Tanggamus bersama Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tanggamus dan personel Polsek Pematangsawa, melakukan pencarian terhadap Zubaidi (42), Senin (27/11) pagi.

Nelayan asal Pekon Betung itu, tercebur di Perairan Teluk Semaka saat perahu londeng hendak menepi kepantai usai mencari  ubur-ubur. Namun karena ombak kencang sehigga perahu justru menjauh dari bibir pantai, kemudian Zubaidi berinisitif  untuk melempar jangkar, nahas, saat melempar jangkar, ia terpeleset dan terjatuh, lalu hilang dibawa ombak. (ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here