Kemajuan Teknologi Harus Disikapi Dengan Bijak Diskominfo Beri Pembinaan Kepada Anggota KIM

5
SAMPAIKAN MATERI : Ketua Jurusan Teknik Informatika IBI Dharmajaya Yuni Arkhiansyah saat menyampaikan materi mengenai dampak dan manfaat penggunaan internet dalam acara pembinaan KIM yang diadakan Diskominfo Tanggamus, Senin (27/11). Foto Rio Aldipo

GISTING—Kemajuan teknologi informasi diera globalisasi seperti sekarang ini harus disikapi dengan bijak, sebab jika tidak digunakan sesuai dengan koridor yang ada, teknologi bisa berdampak pada hal negatif.

Hal itu diungkapkan Wakil Tanggamus Hi.Samsul Hadi,M.Pd.I, saat membuka kegiatan pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)  yang diadakan Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosandi) Tanggamus, Senin (27/11).

Dengan majunya teknologi informasi ini, terus wabup,  dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat, seperti memudahkan dalam berkomunikasi dan mendapatkan informasi dengan cepat dari internet.

“Kalau dulu kita akan berkomunikasi dengan keluarga yang jauh, harus melalui surat dan telepon dengan biaya yang mahal dan dengan berkembangnya teknologi informasi, cukup dengan chatting dan video call dengan biaya relatif murah,” kata Samsul.

Selain hal positif, ternyata kemajuan teknologi juga ada dampak negatifnya, sebab saat ini banyak tindak kriminal yang memanfaatkan teknologi seperti penipuan dan penyebaran fitnah.

“Kita ketahui masyarakat banyak tertipu karna informasi negatif, seperti, penipuan melalui sms, penipuan melalui situs jual beli online, penyebaran berita hoax, seperti lewat Whatshapp, BBM dan lain-lainya,” terang Samsul.

Melalui pembinaan KIM ini,  terus wabup, pemkab akan terus berupaya untuk mensosialisasikan manfaat dan dampak kemajuan teknologi informasi kepada masyarakat.

“Semoga dengan adanya KIM ini dapat menjadikan mayarakat lebih informatif, inovatif dan memiliki nilai tambah dan daya saing masyarakat, serta bisa menjadi agen informasi dalam pembangunan, sehingga terbentuk masyarakat yg informatif dan sejahtera,” harap Samsul.

Sementara, Kepala Diskominfosandi Tanggamus Sabaruddin dalam laporannya yang dibacakan Sekretaris Bambang Suyodono mengatakan, bahwa KIM adalah lembaga yang dibentuk dari, oleh dan untuk masyarakat, yang melakukan aktifitas informasi. Baik dalam menerima, mencari, mengolah, memanfaatkan serta menyebarluaskan informasi, untuk kepentingan sosial dan pengembangan diri. Dalam rangka meningkatkan daya saing dan nilai tambah masyarakat.

Tujuan pembinaan ini, lanjut Bambang adalah untuk meningkatkan kualitas SDM anggota KIM,  meningkatkan nilai tambah anggota KIM dan masyarakat.”Lalu untuk meningkatkan peran KIM dalam pembangunan serta memfasilitasi terbentuknya jaringan antar anggota KIM se Kabupaten Tanggamus, ” ungkap Bambang.

Dalam pembinaan yang diikuti 200 peserta dari seluruh KIM yang ada di 20 kecamatan tersebut,  Diskominfosandi menghadirkan tiga narasumber yakni Ketua Jurusan Sistem Informasi, IBI Darmajaya Nurjoko, S.Kom., MTI yang menyampaikan Materi  Penggunaan Internet Cerdas, Kreatif dan Produktif (INCAKAP), lalu Ketua Jurusan Teknik Informatika, IBI Darmajaya Yuni Arkiansyah, M.Kom menyampaikan materi Penggunaan Internet dan Dampaknya dan narasumber terakhir Kabid Humas dan IKP, Diskominfosandi Tanggamus Derius Putrawan, SP, MM dengan materi Memahami UU ITE Dalam Berinteraksi Dengan Internet.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here