Minim LPJU, Jalan Pekon Kusa Rawan Kecelakaan Warga Harapkan Pemasangan LPJU

120
ilustrasi

KOTAAGUNG – Minimnya sarana lampu penerangan jalan umum (LPJU) di jalan lintas Pekon Kusa, Kecamatan Kotaagung, dikeluhkan warga. Pasalnya, kondisi jalan yang gelap, khususnya pada malam hari bisa memicu terjadinya kecelakaan bagi pengendara motor yang melintas.

“Dijalan ini memang masih minim penerangan mas, jadi kalau malam kondisinya gelap. Kami khawatir kondisi jalan yang gelap ini bisa menimbulkan kecelakaan, ” kata Adi, salah seorang warga setempat, kemarin (26/11).

Selain dapat memicu terjadinya kecelakaan, menurutnya, kondisi jalan yang gelap juga dapat memicu terjadinya tindak kejahatan.”Ya kalau jalan ini terus dibiarkan gelap pastinya bisa memicu tindak kejahatan, salah satunya seperti penjambretan, ” ujar Adi.

Dia menuturkan, saat ini lampu penerangan jalan di pekon setempat jumlahnya masih sedikit. Selain itu, kondisinya juga sudah pada padam.”Lampu jalan ini merupakan swadaya dari masyarakat. Dan bukan bantuan dari pemerintah,”  ucapnya.

Ia berharap pemerintah kabupaten (Pemkab) Tanggamus segera mengupayakan penambahan LPJU di jalan lintas pekon tersebut. Sebab, jika terus dibiarkan gelap, dikhawatirkan jalan tersebut akan memakan korban jiwa.”Kami selaku warga hanya berharap agar pemerintah menambah dan memperbaiki lampu jalan yang padam,” ungkapnya.

Senada dikatakan Wati (21), salah seorang pengguna jalan, ia juga berharap adanya penambahan lampu penerangan di sepanjang jalan tersebut. Sebab, dengan kondisi yang saat ini masih terlihat gelap. Ia mengaku, terkadang dirinya harus pulang ke rumah saat suasana masih dalam keadaan terang atau sore hari setiap habis bermain di tempat sanak saudaranya.

“Kalau pulangnya kemalaman saya takut, karena keadaan jalannya masih gelap. Bahkan, banyak saudara dan teman yang juga enggan untuk berkunjung ke rumah jika malam hari,” katanya.

Sementara itu, Kepala Pekon Kusa Asnawi Salim saat dikonfirmasi mengakui minimnya jumlah LPJU diwilayah pekonnya.”Iya,memang benar LPJU disini pada padam, ” ujarnya.

Menurutnya, LPJU padam yang berada diwilayah pekon itu merupakan swadaya dari masyarakat. Ia juga berharap agar Pemkab Tanggamus melalui dinas/instansi terkait dapat mengupayakan pemasangan LPJU di jalan lintas pekon setempat.

“Ya, harapan kami supaya dinas/instansi terkait mengupayakan pemasangan LPJU, agar jalan lintas antar pekon ini bisa kembali terang, dan warga yang melintas juga tidak khawatir, ” tukasnya. (uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here