Gajah Liar Berhasil Dihalau, Warga Tulungasahan Lega

440
ilustrasi

SEMAKA—Upaya penggiringan gajah liar dari pemukiman warga Pekon Tulungasahan, Kecamatan Semaka, ke habitatnya di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) dengan melibatkan gajah terlatih dan 12 pawang dari Taman Nasional Way Kambas (TNWK) cukup berhasil

Berdasarkan informasi yang dihimpun, gajah liar sudah berhasil digiring masuk ke dalam Hutan TNBBS. Dan hingga kemarin (23/11) Sore sekitar Pukul 17.00 Wib, tidak ada tanda pergerakan gajah akan kembali ke pemukiman warga.

Kepala Pekon Tulungasahan, Ahsan mengatakan, penggiringan gajah liar yang diketahui berjumlah 12 ekor itu dilakukan oleh tim gabungan yang terdiri dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), TNBBS, World Wide Fun for Nature (WWF), Wildlife Conservation Society (WCS), Polisi Kehutanan (Polhut) dan warga sekitar, dengan melibatkan gajah terlatih dari Way Kambas dan 12 pawang gajah.

“Penggiringan gajah itu dilakukan sejak Senin (20/11) lalu. Dan saat ini tim masih berjaga di kawasan TNBBS guna memantau pergerakan gajah agar tidak kembali lagi ke pemukiman warga, ” katanya.

Menurutnya, saat ini situasi di Pekon Tulungasahan berangsur kondusif. Warga yang sebelumnya menggiatkan ronda malam untuk mengahalau gajah juga sudah bisa beraktivitas kembali seperti semula.

“Alhamdulillah, sekarang warga sudah mulai tenang, karena gajah sudah berhasil digiring masuk ke hutan TNBBS. Dan kami berharap agar gajah liar tidak kembali lagi ke pemukiman warga, ” ungkapnya.

Sementara itu, Sukirno, petugas TNBBS mengatakan bahwa penggiringan gajah sempat terkendala akibat medan dan cuaca. Pasalnya, medan yang dilalui untuk penggiringan gajah merupakan wilayah perbukitan sehingga membuat gajah terlatih dari Way Kambas kesulitan karena tidak terbiasa dengan medan seperti itu.

Kemudian, lanjut dia, faktor cuaca yang sering hujan membuat pawang maupun tim gabungan harus beristirahat agar tidak kedinginan sehingga terus bisa melakukan penggiringan dan pemantauan gajah. “Dalam penggiringan terakhir gajah masih tetap utuh 12. Dan sepertinya gajah liar sudah masuk ke hutan TNBBS,”  katanya, Rabu (22/11). (uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here