Upacara Gelar Senja di Tanggamus Berjalan Sukses Pemprov dan Kwarda Lampung, Puji Gebrakan Kwarcab Tanggamus

9
Ka Kwarcab Tanggamus Hi.Samsul Hadi menyematkan tanda jabatan kepada Kamabisa.

KOTAAGUNG—Kabupaten Tanggamus menjadi tuan rumah Upacara Gelar Senja yang diadakan Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Lampung. Ini merupakan upacara gelar senja Ke IV ditahun 2017. Dalam upacara yang dipusatkan di lapangan pemkab setempat, Rabu (22/11) sore itu mengambil tema “Dengan gelar senja kwartir daerah di Kwarcab Tanggamus kita wujudkan generasi muda yang berkarakter kreatif, inovatif gembira dan menyenangkan,”.

Kegiatan ini diikuti sekitar 10 ribu anggota Pramuka dengan rincian 8 ribu pelajar SMA sederajat dan 2  ribu pengurus Kwarcab, Mabicab, Kwaran, Mabiran dan gugus depan.  Tampak hadir Ketua Kwarcab Pramuka Tanggamus Hi. Samsul Hadi, M. Pd. I, Ketua Harian Kwarcab Tanggamus Hi. Andi Wijaya, S. T, M. M, Anggota Mabida Lampung Kherlani, Forkopimda Tanggamus dan kepala SKPD dilingkungan Pemkab Tanggamus.

Ka Kwarcab Tanggamus Hi.Samsul Hadi menyampaikan Sambutan.

Wakil Bupati sekaligus Ketua Kwartir Cabang Tanggamus Hi. Samsul Hadi dalam sambutannya mengatakan, Gerakan Pramuka sebagai salah satu organisasi yang bertujuan membina generasi muda meningkatkan mutu kegiatannya. Sehingga seluruh Anggota Pramuka diharapkan dapat bemanfaat bagi diri sendiri, orang lain, dan masyarakat luas.

“Khusus bagi Adik-adik Pramuka yang masih duduk sekolah, saya menekankan tiga hal utama. Pertama, jagalah prestasi kalian di sekolah, karena Anggota Pramuka harus memiliki nilai akademik yang baik. Kedua, Anggota Pramuka harus menjadi teladan bagi lingkungan sekitarnya. Dan ketiga yang paling penting, kalian harus jauhi segala jenis narkotika dan obat-obatan (narkoba),” tegas Samsul Hadi.

Upacara Gelar Senja ke 4 tahun 2017 dihadiri wabup, forkopimda dan unsur kwarda Lampung.

Terhadap seluruh kamabisa yang baru saja dikukuhkan, Samsul Hadi menjelaskan, mereka bertugas membina dan memberdayakan Pramuka Desa di 229 pekon dan 3 kelurahan. Struktur dalam Gerakan Pramuka, ujung tombak pembina generasi muda, ada di desa. Setelah dilantik, para kamabisa membentuk satuan-satuan kerja (saka) Pramuka di desa sesuai dengan kebutuhan.

Lalu dengan segera dimulainya peletakan batu pertama Bumi Perkemahan Tanggamus yang berlokasi masih di sekitar komplek perkantoran pemkab setempat, Samsul Hadi berharap, Gerakan Pramuka kwartir cabang dan semua kwartir di bawahnya, semakin berkembang. Dengan demikian, Anggota Pramuka Tanggamus dapat memberikan kontribusi nyata dalam aspek pembangunan serta pembinaan jiwa sosial di tengah masyarakat Bumi Begawi Jejama.

Perwakilan dari Pemprov Lampung, Kherlani saat menandatangani prasasti dimulainya pembangunan Bumi Perkemahan Pramuka Tanggamus.

“Pemkab Tanggamus menghibahkan dana sebesar Rp1,3 miliar untuk pembangunan fisik dan sarananya di atas lahan 3 hektare (ha). Lalu untuk land clearing dianggarkan Rp500 juta. Semoga pembangunannya cepat selesai. Dengan demikian, jika sudah rampung kita bisa mengadakan Jambore tingkat provini bahkan Rapat Musyawarah Nasional (RAMUNA). Kapasitasnya nanti bisa menampunh sekitar 1.000 peserta,” jelas Samsul Hadi didampingi Sekretaris Daerah Tanggamus Hi. Andi Wijaya sekaligus Ketua Kwarcab Harian.

Ketua Kwartir Daerah Lampung Muhammad Ridho Ficardo, melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris DPRD Lampung yang juga anggota Mabida Pramuka Lampung, Kherlani, sangat mengapresiasi inovasi dan gagasan Kwarcab Pramuka Tanggamus. Gubernur menilai, perkembangan dan kemajuan Pramuka yang dipimpin Samsul Hadi semakin meningkat signifikan.

“Itu dilihat dari segera dimulainya pembangunan Bumi Perkemahan Tanggamus. Tentunya itu menjadi sarana yang sangat mendukung Gerakan Pramuka di Tanggamus. Semoga Gerakan Pramuka di semua kabupaten/kota berkontribusi nyata dan positif bagi pembangunan Lampung,” tandas gubernur melalui Kherlani.

Selain upacara dan pengukuhan kepala pekon/lurah se Tanggamus menjadi Kamabisa dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan prasasti (groundbreaking) peletakan batu pertama dimulainya pembangunan Bumi Perkemahan Kwartir Cabang (Kwarcab) Tanggamus oleh perwakilan Gubernur Lampung.(adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here