Pola UN SMP Tidak Berubah Masih UNBK dan Pilihan Berganda

94

KOTAAGUNG— Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tanggamus menyatakan pola jawaban ujian nasional (UN) untuk jenjang sekolah menengah pertama tetap pilihan ganda. Hal ini berdasarkan rapat bersama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tentang pembahasan UN 2017/2018 di Jakarta.

Kabid Pendidikan Dasar (Kabiddikdas) Disdik Tanggamus, Indra Prisma mewakili Kadisdik Tanggamus, Johansyah menyampaikan, berdasarkan rapat tersebut tidak membahas masalah jawaban esai dan pembahasan yang di fokuskan tentang sistem UN Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) dan jawaban tetap pilihan ganda.

“Kepastian pilihan ganda karena sistem pengoreksian jawaban tetap menggunakan komputer di satuan disdik provinsi masing-masing, hal itu menandakan jawaban tidak ada esai semua pilihan ganda,”kata Indra belum lama ini.

Ia menambahkan, dalam pertemuan itu juga, Kemendikbud juga memutuskan tidak ada pola baru dalam pelaksanaan UN tahun depan. Semua masih seperti tahun-tahun sebelumnya, akan tetapi pusat menekankan agar sekolah yang menerapkan UNBK semakin banyak.  Untuk Tanggamus sendiri, lanjutnya ada 13 SMP yang akan menerapkan UNBK tahun depan. Sedangkan di tingkat SD tidak ada UN, namun hanya ujian sekolah.

“Dari 13 SMP yang menerapkan UNBK diantaranya, SMPN 1 Kota Agung, SMP Muhammadiyah Kota Agung, SMPN 1 Semaka, SMPN 1 Gisting, SMPN 1 Pulau Panggung. Untuk Tanggamus memang tidak bisa menerapkan seluruh SMP harus UNBK. Kendalanya adalah kurangnya perangkat komputer yang dimiliki sekolah dan terbatasnya jaringan internet, dari 13 sekolah itu saja bukan seluruhnya punya komputer, ada yang gunakan komputer milik SMA atau SMK,”ujarnya.

Adapun berbagai upaya, menghadapi UN, lanjutnya pihak sekolah sudah mulai membekali dan mempersiapkan siswa, mulai dari mengadakan jam tambahan mata pelajaran yang akan diujikan

“Tidak sampai disitu pelatihan penggunaan UNBK juga dilaksanakan, ini agar jangan sampai siswa tidak siap yang berakibat pada nilai UN para siswa, ini juga telah dilakukan pada tahun sebelumnya,”tandasnya. (iqb) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here