Guru PAI Harus Punya Kualifikasi dan Kompetensi Akademik

437
KUKUHKAN AGPAI : Wabup Tanggamus Hi.Samsul Hadi, M.Pd.I saat mengukuhkan DPD AGPAI Tanggamus periode 2017-2022, Sabtu (11/11) di Aula Islamic Center Kotaagung.(Foto Diskominfo)

KOTAAGUNG—Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dituntut untuk dapat berperan secara aktif dalam menampilkan nilai-nilai agama yang dinamis, damai, toleran dan inklusif sehingga mampu mengarahkan berbagai kemajuan, serta tantangan zaman yang dihadapi.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Tanggamus, Hi. Samsul Hadi, M. Pd. I,  saat membuka secara resmi Pengukuhan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam (AGPAI) Tanggamus periode 2017-2022 serta seminar nasional pendidikan yang berlangsung di aula Islamic Center Kotaagung, Sabtu (11/11).

Dalam sambutannya, wabup berpesan kepada guru bahwa harus memiliki kualifikasi akademik dan komptensi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran. Tidak hanya itu, guru juga hendaknya menguasi metodik diktatik dalam proses belajar mengajar, sehat jasmani dan rohani serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan pendidikan nasional

“Jajaran pengurus AGPAI Kabupaten Tanggamus dituntut untuk memberikan kontribusi optimal bagi perkembangan organsisasi dan mampu menghadapi dinamika masyarakat yang semakin meningkat termasuk di dalam menghadapi invasi global yang sangat intensif dewasa ini,”kata Samsul.

Masih dalam kaitannya dengan pendidikan agama Islam, Kedepan juga akan dilakukan pembangunan dibidang keagamaan seperti Pentas Pendidikan Agama Islam, pemberantasan, pemberantasan buta aksara Arab, serta workshop pengembangan karakter, adapun kaitannya dengan program pembangunan yang akan dilakukan, pada tahun 2018 mendatang, Pemkab Tanggamus  akan melaksanakan pembangunan meningkatkan pusat-pusat Pariwisata di Kabupaten Tanggamus.

“Selain itu dalam rangka melindungi pedagang Kecil dan menengah beliau akan melakukan moratorium atau penyetopan terhadap izin usaha perusahaan toko modern hal ini bertujuan guna melindungi pedagang kecil,”ujarnya.

Pada kesempatan tersebut bupati juga memberikan doorprize kepada guru agama Islam yang hadir, yakni hadiah umroh gratis. Pada kesempatan tersebut terdapat seorang guru yang beruntung mendapat undian umrah gratis dari Wakil Bupati atas nama Leni Widiana beralamat di datarajan 4 dengan tempat mengajar di SDN 2 Air Abang kecamatan Ulu belu Kabupaten Tanggamus.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Dewan Pengurus wilayah AGPAII Provinsi Lampung Drs. Zainal Abidin, S.Pd.I., MM., Ketua DPD AGPAII Tanggamus ibu Azebtina, M.Pd.I., Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tanggamus Drs. Hi. Murdi Amin.(iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here